Rabu, 01 Juni 2016

PRODUK - PRODUK INDONESIA








 Sekarang saya akan membahas mengenai produk - produk buatan anak bangsa. Pertama saya akan memaparkan pendapat saya mengenai produk - produk buatan anak bangsa. Pendapat saya yang pertama adalah, jika kita bisa terus mandiri dan menghasilkan barang yang bercirikan Indonesia dan berkualitas dunia kita kedepanya akan menjadi bangsa yang besar dan diperhitungkan dunia, dan tentunya akan menghasilkan pemasukan yang besar kepada negara yang akan membantu meningkatkan perekonomian Nasional. Karena menurut saya sudah tidak ada waktu lagi untuk hanya menjadi konsumen tanpa menghasilkan sesuatu. Lama kelamaan kita akan tertinggal dari negara - negara lain yang statusnya sama seperti kita yaitu sebagai negara berkembang. Karena mereka sudah mulai memproduksi barang - barang hasil kreatifitas mereka dan akhirnya bisa diakui masyarakat global. Kesimpulannya adalah menghasilkan produk - produk buatan anak bangsa harus wajib, digiatkan, dan terlebih lagi diperhatikan dan dipromosikan.

Pendapat saya yang kedua adalah, masyarakat secara umum masih tidak mau menerima hasil karya anak bangsa kita sendiri. Karena cara pandang masyarakat kita secara umum terhadap suatu produk adalah produk yang dibeli dari negara asing kualitasnya jauh lebih baik daripada produk yang dihasilkan negara kita sendiri. Kesimpulannya adalah masyarakat kita harus merubah cara pandangnya terhadap produk - produk dalam negeri, bahwa produk - produk dalam negeri kualitasnya tidak kalah dengan produk asing. Mulailah mengexplore produk - produk yang anda inginkan dan produk itu adalah buatan asli Indonesia dan tumbuhkan rasa bangga terhadap barang - barang asli buatan anak bangsa.

Selanjutnya saya akan memberikan contoh - contoh produk buatan anak bangsa yang patut untuk dicoba dan kita banggakan :

1. SPECS

( Sumber : twitter.com )















Specs adalah apparel olahraga asli Indonesia. Berdiri sejak 1980, Specs hingga kini masih tetap eksis dan tetap menjadi apparel olahraga asli Indonesia yang terdepan. Specs sudah mendapatkan sertifikasi ISO-9001 pada tahun 1998. Specs sudah menjalin kerjasama dengan tim sepakbola profesional di Indonesia sebagai brand ambassador mereka diantaranya adalah Persipura Jayapura dan Arema Cronus Malang. Selain tim sepakbola ada juga pemain - pemain profesional sepakbola yang pernah membela tim nasional Indonesia seperti Kurnia Mega, Samsul Arif, dan Cristian Gonzales dan juga pelatih kawakan Rahmad Darmawan dan juga pemain - pemain futsal profesional Indonesia yang bermain di Liga Futsal Nasional seperti Yos Adi Wicaksono, Caisar Oktavianus Silitonga, dan Socrates Matulessy. Specs sendiri mengeluarkan produk - produk untuk cabang olahraga sepak bola, futsal, berlari, dan bulu tangkis dan perlengkapan lainnya seperti tas, baju kasual, dan sandal. Saya sendiri juga pernah membeli produk sepatu futsal merk Specs sewaktu saya masih SMP namun sekarang sudah tidak bisa lagi digunakan, yaitu Specs Bottega. Sepatu ini sangat bagus dan cukup bisa mensupport saat saya bermain futsal.
( Sumber : archive.kaskus.co.id )









2. GARBARATA
( Sumber : rumahbatik.com )
Jika kita hanya mendengar namanya saja Garbarata mungkin tidak banyak orang yang akan paham bahwa yang dimaksud adalah seperti pada gambar disamping. Garbarata atau Airbridge (Aircraft Pasangger Boarding Bridge) atau juga sering disebut belalai ini merupakan lorong dari terminal keberangkatan menuju pesawat yang digunakan penumpang untuk berjalan dari terminal keberangkatan menuju pintu masuk pesawat dan sebaliknya. Garbarata sering kita jumpai di bandara manapun karena sudah banyak bandara yang menggunakan alat ini. Tetapi tahukah anda bahwa yang pertama kali menciptakan Garbarata ini adalah anak bangsa kita yaitu oleh PT Bukaka Teknik Utama. Jadi bisa disimpulkan bahwa ide dan munculnya Garbarata ini adalah berasal dari Indonesia. Kita seharusnya berbangga akan hal ini karena hampir di semua bandara diseluruh dunia sudah menggunakan Garbarata. Penggunaan Garbarata ini sendiri terbilang lebih efektif daripada penggunaan tangga mendarat yang diletakan menghadap pintu pesawat jika pesawat ingin lepas landas atau saat sudah mendarat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.  Garbarata sendiri sudah diekspor ke Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Hongkong, India dan paling jauh hingga menyeberangi Samudera Pasifik, ke Chile, Amerika Selatan. Di dunia, negara produsen Garbarata diantaranya adalah Indonesia, Tiongkok, Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang.

3.  Sepeda Polygon
( Sumber : gowes.org )








Polygon merupakan merk sepeda yang cukup ternama di Indonesia. Ternyata bukan hanya di indonesia saja, sepeda merk polygon ini juga telah banyak digunakan oleh masyarakat di luar negeri. Sepeda merk polygon ini juga telah banyak di pasarkan di luar indonesia. Dengan demikian merk sepeda Polygon ini berarti telah berhasil menembus pasar internasional.

Produk sepeda ini telah di produksi oleh PT. Insera Sena sejak tahun 1989 yang bertempat di desa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Pada saat awal-awal pembuatanya produk sepeda polygon ini banyak di ekspor kurang lebih ke 17 negara diantaranya negara-negara yang ada di eropa. Kemudian di tahun berikutnya polygon akan melebarkan sayapnya di berbagai belahan dunia khususnya di asia tenggara dan berbagai belahan dunia lainya. Untuk di indonesia sendiri produk polygon ini di pasarkan di berbagai wilayah di antaranya aceh, medan, sumatera, hingga ke kalimantan timur. Hal ini membuktikan bahwa produk Polygon telah berkembang pesat.

Akan tetapi hal ini tidak mudah di lakukan begitu saja oleh produsen Polygon, karena rata-rata harga sepeda di pasaran sekitar 200 ribuan sedangkan harga dari polygon sendiri rata-rata paling murah 500 ribuan. Maka dari itu pemasaran sepeda polygon bukan hanya fokus pada pembuatan sepeda sebagai alat transportasi melainkan sebagai gaya hidup bagi konsumenya. Segala upaya tentunya telah di lakukan oleh produsen sepeda ternama ini untuk pemasaran produknya diantaranya mulai dari pembuatan uotlet atau toko-toko sepeda, distributor, assesoris, dan lain sebagainya.




Dalam hal pelayanan Polygon telah menyiapkan toko sepeda di disain sedemikian rupa sehingga dapat membuat para konsumen yang telah mengunjunginya merasakan kenyamanan yang tiada duanya. Selain itu polygon juga terus menerus berusaha untuk mengembangkan teknologi-teknologi terbarunya. Dengan banyaknya penghargaan yang telah di perolehnya apakah polygon dapat merasa puas begitu saja. Tentunya tidak, setiap tahunya polygon telah memproduksi sepeda dengan jumlah yang sangat fantastis. Merk dengan kualitas internasional ini telah mencatat pertumbuhan produksinya sebesar 30 % setiap tahunya.
Selain itu yang makin menakjubkan lagi bagi kita sebagai orang indonesia, kita patut bangga karena produk dari polygon ini kurang lebih 60% telah di ekspor ke 60 negara eropa dan asia tenggara. Perancis, Jerman, Inggris, Italia, dan Spanyol adalah negara-negara yang menjadi salah satu target utama merk Polygon ini.

( Sumber : polygonbikes.com )
( Sumber : polygonbikes.com )

( Sumber : polygonbikes.com )


4. AXIOO
( Sumber : osar89.wordpress.com )
Axioo adalah salah satu notebook brand lokal di Indonesia.
awalnya Axioo di rakit di Jakarta & Surabaya, dengan menghadirkan sparepartnya dari Taiwan dan sebagian dari China.Saat ini service center Axioo ada di 24 kota di Indonesia dan akan terus bertambah lagi dimana Axioo hadir di kota tersebut. salah satu kelebihan Axioo adalah mempunyai garansi terbaik di Indonesia. Kekurangannya adalah karena brand lokal user sering tidak yakin dengan brandnya padahal saat ini Axioo adalah salah satu notebook brand lokal terbaik di Indonesia. Sekarang Axioo sudah hadir di Singapura (sekarang headquarter Axioo ada di Singapura), Thailand, Vietnam, Malaysia, Jerman dan selanjutnya akan segera hadir di Australia.
Axioo adalah brand notebook lokal yang mampu menembus Dunia International








Demikianlah beberapa contoh produk - produk buatan anak bangsa yang sudah mendunia. Harapan saya untuk produk - produk asli Indonesia adalah agar terus eksis dan semakin mendunia. Selain itu saya berharap juga bahwa akan muncul produk yang inovatif dan kreatif yang bisa berguna bagi kehidupan masyarakat.

Menurut saya produk - produk kita sudah bisa mendunia dan pantas untuk diperkenalkan dan dipasarkan ke luar negeri. Sebenarnya kualitas produk - produk kita tidak kalah dengan produk negara lain bahkan ada yang melampaui.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar